Jurusan Manajemen FEB UB Bersama Penerbit Andi Yogyakarta Lakukan Workshop Mengenai Penulisan Buku

Seminar Perspektif Manajemen 2018 Dengan Tema “Make Your Great Business By Rising People”
27 April 2018
H-1 Pelatihan Kewirausahaan (DIY) Dengan Konsep Course Dan Tema “Healthy Food”
27 April 2018

MALANG – Hari ini (27/04) telah berlangsung workshop yang bertempat di Ruang Sidang Utama FEB UB dengan menghadirkan seorang pembicara yaitu Dr. Joko Irawan Mumpuni (Direktur Penerbit Andi Yogya). Workshop kali ini membahas mengenai penulisan buku dan diperuntukkan bagi para dosen Jurusan Manajemen FEB UB.

Menulis buku tidak hanya berkaitan dengan karir dosen dan insentif/royalti melainkan juga tuntutan institusi supaya dapat meraih akreditasi yang baik. Dengan mengadakan workshop ini, diharapkan para dosen dapat membantu jurusan untuk terus mempertahankan akreditasi Jurusan Manajemen FEB UB yang telah menyandang akreditasi A. Sehingga para dosen dapat memberikan manfaat tidak hanya selaku individu tetapi juga institusi.

Joko Irawan mengatakan bahwa mayoritas dosen bukan tidak mampu menulis, melainkan tidak mampu mempublikasikan apa yang telah ditulis. Oleh sebab itu, beliau meyakinkan para dosen untuk terus berkarya melalui tulisan karena sebenarnya dosen hanya menyiapkan naskah kemudian yang membantu menyempurnakan buku tersebut adalah penerbit. Proses editing dan menerjemahkan teks juga merupakan ranah penerbit.

Proses penulisan buku pun akan semakin mudah karena mengingat kita sedang menuju revolusi industri 4.0, di mana perkembangan informasi dan teknologi akan semakin maju sehingga publikasi buku tidak lagi dilakukan secara fisik (cetak) namun dapat dilakukan melalui e-book. Dengan proses yang semakin mudah ini, diharapkan dapat memotivasi para dosen untuk lebih produktif dalam menulis buku. “bila sudah menjadi dosen maka harus menulis, bila tidak menulis maka tidak usah menjadi dosen” kata Joko Irawan.

Amira D Claresta
Amira D Claresta
Reporter Jurusan