Jurusan Manajemen FEB UB Sukses Melatih Jiwa Berwirausaha Melalui MED 2018

Hari Pertama Management Entrepreneur Days Sebagai Tanda Dibukanya Ajang Kegiatan Berwirausaha Mahasiswa Manajemen
2 Mei 2018
HMJM Membuka Peluang Bagi Mahasiswa Manajemen Untuk Berkarya Semaksimal Mungkin
5 Mei 2018

MALANG – pada tanggal 2-3 Mei 2018, Jurusan Manajemen FEB UB telah melaksanakan acara besar tahunan yaitu Management Entrepreneur Days (MED). Acara ini diselenggarakan di lapangan atas, tengah, dan bawah FEB UB serta terdapat 56 stands & 7 tenants yang memeriahkan acara ini. Tidak hanya itu, MED 2018 juga semakin meriah dengan menghadirkan beberapa bintang tamu yaitu EDC FEB UB, Home Band FEB UB, Sal Priadi, Equinox (Pemenang MLD jazz project Band Competition season 3) ft Windy Hariadi (Pemenang MLD jazz project Vocalis season 3), dan Bayu Priaganda (Pemenang gitaris se-Asean).

Tahun ini, MED mengambil tema sociopreneur dengan tujuan untuk memperbanyak para pengusaha muda yang melandaskan manfaat sosial dalam menjalankan proses bisnis. Acara ini ditujukan bagi mahasiswa S1 Jurusan Manajemen yang sedang menempuh mata kuliah Lab Kewirausahaan. Dengan begitu, MED merupakan implementasi nyata dari mata kuliah tersebut agar mahasiswa tidak hanya belajar secara teori namun juga dapat mempraktekkan langsung ilmu yang didapat.

Acara ini terbagi menjadi dua hari dan masing-masing dimulai pada pukul 09.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. MED 2018 dibuka dengan sambutan dari ketua pelaksana, ketua Jurusan Manajemen, dan kepala dekan Fakutas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Sedangkan pada penutupan acara, terdapat pengumuman pemenang dengan 3 kategori yaitu stan terfavorit, video terbaik, dan ide bisnis terbaik.

Juara stan terfavorit

Juara stan terfavorit

Stan terfavorit dinilai berdasarkan sticker yang ditempelkan oleh para pengunjung pada stan, dalam hal ini, stan terfavorit dimenangkan oleh Bedjana Tiny House (juara 1), Help Me (juara 2), dan Karara (juara 3).

Juara video terbaik

Video terbaik dinilai berdasarkan kelengkapan informasi yang disampaikan dan visualisasi/teknik cinematography yang baik pada video, dalam hal ini, video terbaik dimenangkan oleh tim De Poujon (juara 1), Glempobag (juara 2), dan Bale Acitya (juara 3).

Juara ide bisnis terbaik

Untuk ide bisnis terbaik dimenangkan oleh Tedako (juara 1), Ngopilah (juara 2), dan Sekuy Coffee (juara 3) dengan menilai berdasarkan seberapa realistis bisnis dan besarnya manfaat sosial yang ditimbulkan oleh keberadaan bisnis.

Sedangkan terdapat juga kategori terakhir yaitu stan terfavorit menurut panitia, yang dimenangkan oleh tim Salam.

Tahun lalu, MED 2017 mengusung tema Technopreneur, sedangkan tahun depan MED 2019 menetapkan tema Indonesian Culture Heritage. Dengan pemberitahuan tema untuk tahun depan ini, diharapkan mahasiswa dapat mempersiapkan segala sesuatunya dengan lebih baik.

Amira D Claresta
Amira D Claresta
Reporter Jurusan