Memperkuat Ekonomi Kreatif di Indonesia Melalui Kompetisi CBCC 2018

HMJM Membuka Peluang Bagi Mahasiswa Manajemen Untuk Berkarya Semaksimal Mungkin
5 Mei 2018
Pelatihan Kepemimpinan Bersama XL Future Leaders Untuk Mahasiswa Manajemen
6 Mei 2018

MALANG – pada tanggal 1-3 Mei 2018, telah diadakan acara bergengsi tahunan yaitu CBCC. Acara ini diadakan di UB Guest House lantai 3 yang bertempat di kawasan Universitas Brawijaya. Creatonomics Business Creativity Competition (CBCC) merupakan sebuah acara berskala nasional yang diadakan oleh Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya yang memiliki dua acara utama yang berbasis kompetisi dan edukasi. CBCC 2018 mengusung tema “Millenials Disruptive Creativitya” guna menumbuhkan semangat untuk berwirausaha secara berkelanjutan dalam memperkuat ekonomi kreatif khususnya di Indonesia.

Kompetisi ide bisnis CBCC adalah salah satu acara utama pada acara ini. Dalam ide bisnis ini peserta diharapkan dapat berkontribusi memberikan ide bisnis kreatif sesuai dengan 16-sub sektor ekonomi kreatif. 16 sub-sektor tersebut adalah:
1. Aplikasi dan pengembang permainan
2. Arsitektur
3. Desain interior
4. Desain komunikasi visual
5. Desain produk
6. Fashion
7. Film, animasi, video
8. Fotografi
9. Kriya
10. Kuliner
11. Musik
12. Penerbitan
13. Periklanan
14. Seni pertunjukkan
15. Seni rupa
16. Televisi dan radio

Dalam hal ini, terdapat sekitar 60 tim yang berpartisipasi dalam kompetisi. 60 tim tersebut berasal dari berbagai universitas di Indonesia seperti Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Sepuluh November, dll. Dari keseluruhan tim tersebut, terdapat dua tahap sesi penyisihan dimana sesi penyisihan 1 menghasilkan total tim yaitu hanya 12 tim, antara lain:

(1) Sinergi – UGM (2) Mana 16 Team – UB (3) UR Rangers – UNRI (4) Aries – IPB (5) Creatonomira – UB (6) Bibit Unggul – UNS (7) Gladiol – IPB (8) ALINEA – Amikon Jogja (9) Mangkus – UB (10) Doa Ibu – UNS (11) Fort Knox – UI (12) KerabaTabi.Dev – UM.

(1) Sinergi – UGM (2) Man’s 16 Team – UB (3) UR Rangers – UNRI (4) Aries – IPB (5) Creatonomira – UB (6) Bibit Unggul – UNS (7) Gladiol – IPB (8) ALINEA – Amikon Jogja (9) Mangkus – UB (10) Doa Ibu – UNS (11) Fort Knox – UI (12) KerabaTabi.Dev – UM.

Sementara sesi penyisihan 2 merupakan ronde terakhir (final round) untuk menentukan tiga juara teratas yaitu juara 1 (Fort Knox – UI), juara 2 (Aries – IPB) dan juara 3 (Man’s 16 Team – UB). Kedua tahap penyisihan tersebut dinilai berdasarkan keputusan para juri yang juga menggunakan technology-based realtime scoring system yang transparansinya telah diuji dan disetujui oleh para juri.

Sementara, acara utama terkait dengan edukasi dikemas dalam bentuk seminar yang bertopik Creativepreneurship dan Sustainopreneurship. Seminar CBCC 2018 menghadirkan tiga pemateri utama tingkat nasional yaitu Ony Anwar (Wakil Walikota Ngawi), Andrian Ishak (Chef & Owner of Namaaz Dining), dan yang terakhir adalah Yasa Singgih (CEO of Men’s Republik). Untuk berpartisipasi pada seminar ini, peserta tidak dipungut biaya apapun. Acara seminar juga merupakan acara penutup yang menandakan berakhirnya rangkaian acara yangmana akan ditutup oleh pengumuman juara kompetisi dari CBCC 2018.

Amira D Claresta
Amira D Claresta
Reporter Jurusan