30 April 2017

“Topeng Malang” Milik Tim JM FEB UB, Raih Juara I

Marketing Plan Competition (MPC) 2017 adalah kompetisi tahunan tentang perencanaan pemasaran yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Manajemen Universitas Keristen Maranatha Bandung. Digital Marketing for Food Branding dipilih sebagai tema tahun ini untuk mengangkat local food brand dengan memanfaatkan tren dan perkembangan digital platform dalam aktivitas marketing. Rio Chandra, Renanda Dwi Cahyani serta Wiwanda Agus Widodo dari Manajemen 2014 yang tergabung dalam tim Topeng Malang berkesempatan mewakili Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya untuk mengikuti kompetisi ini. Mengambil judul “Digitalisasi Pemasaran Menggunakan Konsep Shot Digital Co-creation untuk Membangun Strategi Bersaing Burger Shot Malang”, tim Topeng Malang memilih Burger Shot yang berlokasi di Jalan Terusan Borobudur No. 65, Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Kota Malang sebagai objeknya.

Seleksi tahap pertama yang diikuti oleh 34 tim menyisakan 10 paper terbaik yaitu : Trimasketir, Gelato dan Brunson dari Universitas Gadjah Mada, Three Avengers dan Cabe Unity dari Universitas Kristen Petra, Asher dari Universitas Surabaya, Pannacotta dari School of Business and Management Institut Teknologi Bandung, Mahasiswa dari Universitas Taruma Negara, 3 Generations dari Universitas Indonesia serta tim Topeng Malang dari Universitas Brawijaya.

Berkat bimbingan dan arahan dari bapak Dimas Hendrawan SE. MM, tim Topeng Malang memperoleh skor tertinggi untuk seleksi paper. Keunggulan skor ini menjadi modal berharga bagi tim Topeng Malang untuk melakoni tahap selanjutnya yaitu presentasi tertutup mengenai paper yang telah diseleksi. Tahap ini dewan juri mencoba untuk mengkritisi relevansi serta kemampuan marketing plan tersebut untuk mencapai proyeksi penjulan yang diinginkan. Tahap ini pun tim Topeng Malang memeperoleh skor tertinggi dibanding tim lain.

Tahap selanjutnya adalah marketing sharing sesion yang berisi motivasi bisnis dan up date studi kasus yang telah diberikan panitia sebelum putaran final. Studi kasus mengenai kesalahan penggunaan hastag dari salah satu perusahaan restoran capat saji terbesar didunia ini harus dicarikan solusi dan strategi yang related dengan digital marketing sebagai tema utamanya. Esok harinya adalah jadwal untuk presentasi terbuka, dimana bukan hanya ada dewan juri sebagai penilai, tapi juga peserta lain sebagai audiens bahkan tim diskusi. Presentasi terbuka menjadi challenge bagi masing-masing tim untuk mempersiapkan serta memperbarui materi presentasi sesuai up date studi kasus yang dilakukan saat merketing sharing sesion.

Malam puncak MCP 2017 berlangsung pada tanggal 29 April dalam acara bertajuk Management Selebration. Acara ini merupakan penutup dari rangkaian acara MPC dan beberapa kompetisi lain yang diadakan Himpunan Mahasiswa Manajemen Universitas Kristen Maranatha. Acara ini berisi music performance dan talkshow inspirasi bisnis serta penggumuman pemenang kompetisi. Momen yang paling ditunggu oleh seluruh audiens adalah saat dibacakannya pemenang MPC 2017 yaitu tim Gelato (UGM) sebagai juara harapan, tim Mahasiswa (Untar) juara 3, tim Brunson (UGM) serta yang paling membahagiakan adalah juara 1 yang diraih oleh tim Topeng Malang dari Universitas Brawijaya. (rio, ris)

 

Share This Post

 
 
 
2015 FEB UB. All Rights Reserved.
Powered by Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Created by PSIK