ManajemenFEBUB, Malang – Dalam rangka mewujudkan pengabdian masyarakat dalam bidang Sumber Daya Manusia, Jurusan Manajemen mengadakan Pelatihan Komunikasi dan Personal Branding. Dengan penanggung jawab , M Abdi Dzil Ikhram, SE, MM bersama Dr Dra Sumiati, SE, MSi, CSRS, Prof Dr Drs Margono, SU, dan Nadiyah Hirfiyana Rosita, SE, MM,CMA.

Kunci sukses di dalam dunia kerja salah satunya adalah personal branding. Namun, tidak semua orang menyadari apa itu personal branding dan bagaimana memanfaatkannya secara baik. Untuk itulah kegiatan yang diikuti 22 mahasiswa semester 5 sampai 8 itu dilaksanakan.

“Semua orang itu kan punya keunikan. Termasuk mahasiswa. Tapi kadang, mahasiswa nggak pede. Contohnya, ada mahasiswa suka advokasi, tapi nggak pede. Akhirnya ikut-ikutan temannya ke divisi lain. Ini berarti mahasiswa tersebut belum punya personal branding,” kata Bagus Ramadhan, Brand Strategies TEKNOIA Creative, dalam pelatihan ‘Komunikasi dan Personal Branding’ di Ruang Sidang Utama FEB (Fakultas Ekonomi dan Bisnis) UB (Universitas Brawijaya), Sabtu (16/11).

Dalam pelatihan tersebut, Tidak hanya teori tapi juga praktek. Bagus meminta mahasiswa menulis tulisan. Tulisan tersebut soal pengenalan diri. Termasuk apa kesukaan dan keahlian mahasiswanya. “Serta apa yang harus dilakukan dengan keahliannya,” kata dia. Bagus juga memberi tips and trick bagaimana cara membangun personal branding yang baik.

“Di level kerja manapun personal branding sangat dibutuhkan. Bisa mulai dari penggunaan sosial media. Itu bisa dilihat bagaimana mahasiswa membuat framing tentang dirinya. Begitulah ketika diterapkan di kehidupan nyata,” beber Abdi, Abdi juga berharap saat lulus para mahasiswa tidak lagi bingung mau bekerja sebagai apa. (VFS)