SEJARAH
MANAGEMENT DEPARTMENT
FEB UB

Sejarah Departemen Manajemen FEB UB

31 October 1961 – Initial Establishment of the Faculty of Economics

Universitas Brawijaya was inaugurated as one of the state universities in Indonesia on 5 January 1963, with the Decree of the Minister of PTIP No. 1 of 1963, and the Faculty of Economics and Business became a part of Universitas Brawijaya since 31 October 1961.

1970 until 1976 – Establishment of the Department of General Economics and Corporate Economics

The Faculty of Economics and Business Universitas Brawijaya begins its steps of development by forming the Department of General Economics and Corporate Economics during the leadership period of Drs. Harsono, from 1970 until 1976. The Department of General Economics has a concentration in Economic Theory and the Department of Corporate Economics has several concentrations, namely Marketing, Production, Finance, and Personnel. The Department of Corporate Economics now becomes the Management Department of the Faculty of Economics and Business Universitas Brawijaya.

2008 – The Department of Management Opens International Class

Untuk memperkuat posisi keilmuan manajemen, Jurusan Manajemen memiliki beberapa bidang konsentrasi keilmuan, yaitu bidang Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasional, Manajemen Strategi, dan Manajemen Sumber Daya Manusia. Masing-masing konsentrasi dipimpin oleh seorang koordinator konsentrasi, yang harus melakukan koordinasi dengan Ketua dan Sekertaris Jurusan. Dalam upaya meningkatkan kualitas dari para mahasiswa dan lulusannya agar dapat memenuhi perkembangan dunia global, maka sejak tahun 2008 Jurusan Manajemen membuka kelas internasional yang berada di bawah koordinasi Ketua Jurusan Manajemen.

Tahun 2012 - Jurusan Manajemen Memperoleh Akreditasi Internasional ABEST21

Sebagai bukti komitmen dan kualitas berstandar internasional, Jurusan Manajemen mendapatkan sertifikasi akreditasi internasional dari ABEST21, lembaga akreditasi internasional yang berpusat di Jepang. Akreditasi internasional ABEST21 menunjukkan bahwa kurikulum pembelajaran di Jurusan Manajemen FEB UB serta kualitas lulusan serta jejaring kerjasamanya telah diakui di level internasional. Dengan diperolehnya akreditasi internasional ABEST21, Jurusan Manajemen FEB UB semakin diminati oleh para pemangku kepentingan dan khususnya calon mahasiswa baik nasional maupun internasional.

Tahun 2016 - Jurusan Manajemen Membuka Program Studi Sarjana Kewirausahaan

Sebagai pelopor pembelajar ilmu kewirausahaan di Universitas Brawijaya, Jurusan Manajemen menujukkan komitmennya dengan membuka Program Studi Sarjana Kewirausahaan pada tahun 2016. Program Studi Sarjana Kewirausahaan Departemen Manajemen FEB UB merupakan prodi S1 Kewirausahaan pertama yang didirikan oleh perguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia. Dengan kurikulum unggulan entrepreneurship backbone, PS S1 Kewirausahaan berupaya menghasilkan lulusan berorientasi kewirausahaan dengan bekal keilmuan yang kuat.

Tahun 2017 - Jurusan Manajemen Membuka Program Studi Doktor Manajemen Kampus Jakarta

Berdasarkan mandat dan rekomendasi dari Universitas Brawijaya serta sebagai upaya memperluas akses keilmuan manajemen bagi masyarakat Indonesia khususnya di Ibukota, Jurusan Manajemen membuka program studi doktor ilmu manajemen kampus Jakarta. Dalam perjalanannya, kampus Jakarta berlokasi di daerah Halimun Jakarta pusat, kemudian berpindah di Jl. Abdul Muis Jakarta Pusat, dan saat ini berlokasi permanen di Jalan Saharjo Jakarta Selatan. Keberadaan prodi S3 Manajemen di Jakarta semakin menguatkan citra dan kualitas Jurusan Manajemen sebagai lembaga pendidikan manajemen berkualitas di level nasional.

Tahun 2022 - Jurusan Manajemen Berganti Nama Menjadi Departemen Manajemen

Seiring dengan perubahan status Universitas Brawijaya dari Perguruan TInggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN BLU) menjadi Perguruan Tinggi Negeri Bebadan Hukum (PTN BH), maka organisasi tata kelola universitas juga mengalami perubahan nama dan kewenangan. Sejak tahun 2022, Jurusan Manajemen berganti nama menjadi Departemen Manajemen. Akan tetapi, perubahan nama ini tidak mengubah struktur program studi dan konsentrasi keilmuan.

Tahun 2023 - Departemen Manajemen Meraih Akreditasi Nasional dan Akreditasi Internasional

Sebagai wujud perbaikan berkelanjutan di level nasional dan internasional, Departemen Manajemen juga melakukan pembaruan akreditasi di level nasional dan level internasional. Pada tahun 2023, Departemen Manajemen memperoleh status Akreditasi Unggul untuk dua program studi (S1 Kewirausahaan dan S3 Manajemen Kampus Jakarta). Selain itu, Departemen Manajemen juga mendapatkan akreditasi internasional dari AQAS, lembaga akreditasi internasional berpusat di Jerman, dengan status unconditional untuk lima program studi (S1 Manajemen, S1 Kewirausahaan, S2 Manajemen, S3 Manajemen Kampus Malang, dan S3 Manajemen Kampus Jakarta).

Tahun 2023 - Departemen Manajemen Membuka Program Studi Magister Manajemen Kampus Jakarta

Sebagai upaya memperluas kesempatan bagi masyarakat dalam meningkatkan keilmuan manajemen dan mengiuti jejak program studi doktor manajemen kampus Jakarta, Departemen Manajemen membuka program studi magister manajemen kampus Jakarta untuk kelas akhir pekan.