Universitas Brawijaya Jadi Pilot Project System Digital Sertifikasi Halal

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

ManajemenFEBUB, Malang – Univeristas Brawijaya berperan sebagai pilot project pengembangan sistem digital sertifikasi halal untuk UMKM Indonesia. Sistem yang dimaksud memiliki tujuan guna mengarsipkan dokumen, dari pengurusan hingga hasil akhir sertifikasinya. Ketua Tim Reverse Linkage Project, Dr Hagus Tarno, menambahkan bahwa dengan mengarsipkan dokumen melalui sistem digital tersebut, maka UMKM yang akan melakukan pengurusan sertifikasi halal lebih mudah untuk melihat hasil evaluasi dari setiap proses kegiatan yang telah dilakukannya.

“UMKM yang akan mengajukan Sertifikasi Halal lewat Universitas Brawijaya, Kita akan mengarahkan mereka ke dalam sebuah sistem dan ketika masuk pendampingan sudah bisa memantau dokumen apa sajakah yang harus disiapkan dan diisi. Lalu ketika masuk proses sertifikasinya nanti ada sistem lagi untuk memastikan pemilik usaha tahu prosesnya sudah sampai mana? apakah dikembalikan atau lanjut ke sertifikasi,” kata Hagus Tarno. Hagus menambahkan dalam waktu dekat sudah ada tawaran dari Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Malang untuk mendampingi 100 pemilik usaha yang akan melakukan pengurusan sertifikasi halal di UB

Pendanaan dari serunai Malaysia dan Islamic Development Bank (IsDB) sebesar 2.06 juta US dollar AS selama dua tahun (November 2021-November 2021) pun telah didapatkan untuk upaya pengembangan sistem digital halal ini. Demikian proses penandatanganan Letter of Intent (LoI) di antara ketiga pihak (UB, IsDB, dan Serunai Malaysia) telah berhasil dilaksanakan pada Minggu (14/11/2021) melalui zoom meeting.

“LOI akan segera difollow up dengan Tri-Party Agreement IsDB, UB dan Serunai. Butuh waktu yang tepat untuk bersama-sama melaksanakan penandatanganan project tersebut,” terangnya

Jika sistem yang dikembangkan nanti sudah dapat berjalan dengan baik dan sebagaimana dengan mestinya, maka system ini bisa dikembangkan untuk universitas yang lainnya juga. Vfs. 

Berita Lainnya

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.