Audit Internal dan External

1. Hasil Audit Internal

Selama ini implementasi audit internal mengacu pada diselenggarakannya Audit Internal Mutu (AIM) UB. Sebagai program studi baru, PDMKJ FEB UB belum pernah menjadi bagian dari penyelenggaraan AIM UB. Namun demikian, proses penjaminan mutu khususnya di UBJ terutama untuk penyelenggaraan bidang akademik masih tetap termonitor dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya monitoring dari Senat UB bidang akademik pada tanggal 17 Oktober 2017. Pada kesempatan tersebut, Senat Bidang Akademik mengundang Koordinator Unit Penunjang Akademik UB Jakarta, Dekan, dan KPS-KPS di luar kampus utama beserta staf dari tenaga kependidikan. Para nara sumber, dalam hal ini para KPS yang bertugas di luar kampus utama, koordinator unit penunjang akademik UB Jakarta, beserta staf tenaga kependidikan menyampaikan kondisi proses belajar mengajar di UB Jakarta kepada Senat UB di gedung Rektorat UB Malang Lantai V. Dari hasil pertemuan tersebut Senat memberikan beberapa masukan antara lain:

  1. sebagai institusi publik, UB harus tunduk dan menjalankan segala ketentuan yang berlaku, terutama terkait penyelenggaraan dan pengelolaan pendidikan tinggi. Salah satu hal yang harus dilakukan sebagai institusi publik adalah pelaksanaan audit, baik audit internal maupun eksternal.
  2. menidaklanjuti dari pertemuan tersebut senat akan melakukan tinjauan lebih lanjut ke UB Jakarta yang pada waktu itu direncanakan pada tanggal 23 – 24 November 2017.

Sebagai tindak lanjut dari audit senat pada pertemuan pertama, pada tanggal 5-10 Desember 2017. Penyelenggaraan ini mundur dari rencana semula yang direncanakan pada akhir November 2017. Pada peyelenggaraan audit internal yang kedua ini, anggota senat UB selama beberapa hari berada di PDMKJ FEB UB untuk melihat lebih dekat proses perkuliahan dan apakah sudah sesuai dengan aturan yang berlaku d UB dan Dikti.

2.  Hasil Audit External

            PDMKJ FEB UB pernah diaudit oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi pada tanggal 20 Maret 2015. Pada kesempatan tersebut, Dikti mereview penyelenggaraan perkuliahan dari sejak diterimanya mandate sampai dengan saat itu. Selain itu, Dikti juga memberikan saran-saran terkait penyelenggaraan perkuliahan untuk program studi di luar domisili, serta dorongan untuk segera mengurus izin penyelenggaraan program studi. Masukan-masukan dari Dikti tersebut menjadi acuan bagi PDMKJ FEB UB untuk meningkatnkan kualitas penyelenggaraan perkuliahan pada program studi di luar kampus utama, dan juga memberikan dorongan yang positif untuk segera mengurus dan menyelesaikan hal-hal terkait permohonan izin penyelenggaraan program studi di luar kampus utama.

            Izin penyelenggaran PDMJK FEB UB kemudian diterbitkan pada tanggal 5 Januari 2017 dan pada saat ini mendapatkan akreditasi anugerah C. Oleh karena itu, untuk dapat menjamin mutu akademik dan juga sebagai syarat kelulusan mahasiswa, maka pada saat ini PDMJK FEB UB sedang mengerjakan Borang Akreditasi secara intensif dan akan segera menyelesaikan borang tersebut pada akhir bulan Desember 2017. Segera setelah borang akreditasi tersebut selesai disusun dan telah direview oleh internal reviewer, PDMKJ FEB UB berencana untuk mengunggah borang tersebut ke SAPTO melalui Pusat Jaminan Mutu UB.