Renstra dan Program Kerja

Sasaran dan strategi pencapaian PDMKJ FEB UB adalah sebagai berikut:

Tahun 2012 2014: Melakukan langkah-langkah pendirian program studi sesuai dengan mekanisme yang berlaku pada pembukaan program studi baru di luar domisili dalam rangka memenuhi mandat yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Pendikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI  Nomor 1039/E/T/2012 tertanggal 7 Agustus 2012 untuk menyelenggarakan Program Studi Manajemen jenjang Pendidikan Doktor (S3) diluar Domisili di Jakarta.

Tahun 2015 2016: Peningkatan kualitas akademik program doktor pada perguruan tinggi penerima mandat penyelenggaraan program studi jenjang pendidikan doktor sesuai dengan ketentuan, diantaranya: Menetapkan Learning Outcomes PDMKJ FEB UB dan penyediaan dosen tetap yang memiliki homebase PDMKJ FEB UB sesuai dengan persyaratan yang sudah ditentukan. Strategi pencapaian PDMKJ FEB UB pada periode ini diarahkan untuk memperoleh izin operasional dan akreditasi nasional

Tahun 2017 2019: Pencapaian akreditasi nasional dari BAN PT dan pengembangan kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

 

A.  Strategi Dasar Pengembangan PDMKJ FEB UB

1.    Pengembangan Kualitas Sumberdaya Manusia

Arah kebijakan bagi pengembangan sumberdaya manusia (SDM) diarahkan pada peningkatan kuantitas tenaga pendidik dengan kualifikasi Guru Besar dan Doktor yang memiliki daya saing internasional melalui  berbagai sertifikasi profesi (marketing, human resources, financial, dan sustainability reporting) dan memiliki kualitas sebagai Promotor bagi para kandidat Doktor, memiliki integritas dan komitmen yang tinggi terhadap peningkatan mutu lembaga pendidikan. Penyiapan tenaga pendidik turut berpatisipasi aktif dalam forum nasional dan internasional. Sedangkan bagi tenaga kependidikan, arah pengembangannya lebih berorientasi pada peningkatan profesionalisme dalam memberikan pelayanan prima kepada mahasiswa, dosen, dan pemangku kepentingan lainnya sehingga dapat semakin meningkatkan kepuasan pengguna layanan

 

2.    Pengembangan Program Studi

Kurikulum PDMKJ FEB UB selalu dimonitor dan dievaluasi berdasarkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kebutuhan pengguna, serta pasar tenaga kerja. Pengembangan kurikulum PDMKJ FEB UB diarahkan untuk mencapai tujuan pendidikan dan lulusan yang berkualitas dengan mengoptimalkan potensi akademik mahasiswa serta menjunjung tinggi nilai-nilai moral, etika, dan semangat kebangsaan. Pengembangan kurikulum dilakukan secara berkesinambungan dan sistematis dengan mempertimbangkan masukan dari stakeholder sesuai dengan visi, misi, tujuan, dan sasaran program studi.

 

3.    Pengembangan Prasarana dan Sarana Fisik

Prasarana dan sarana fisik dikembangkan untuk meningkatkan layanan yang mendukung atmosfer akademik yang baik sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan lebih efektif dan efisien. Pengembangan prasarana dan sarana fisik diupayakan untuk mendukung academic culture dalam rangka peningkatan pelayanan kepada civitas akademika maupun pemangku kepentingan lainnya.

 

4.    Pengembangan Teknologi

Pemanfaatan teknologi informasi untuk menunjang proses belajar mengajar, penelitian, dan pelayanan administrasi sebagai bagian dari sistem yang integratif dari aktivitas akademik sehingga dapat berjalan lebih efektif dan efisien.

 

5.    Pengembangan Organisasi dan Manajemen.

Memperkuat peran dari Unit Jaminan Mutu Jurusan Manajemen FEB UB dan meningkatkan peran Unit Gugus Jaminan Mutu FEB UB sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam peningkatan kualitas dari aktivitas akademik dan penguatan dari sistem manajemen di lingkungan PDMKJ FEB UB.

 

6.    Pengembangan Lingkungan yang Kondusif

Lingkungan akademik yang kondusif (academic atmosphere) secara terus menerus diciptakan untuk mahasiswa, tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan melalui pertemuan formal maupun informal, pemanfaatan teknologi informasi seperti media sosial.

 

7.    Penggalangan Dana yang berkelanjutan

Sebagai upaya untuk menjadi program studi yang mandiri, PDMKJ FEB UB meningkatkan kerja sama dengan berbagai lembaga pemerintah maupun swasta.

 

8.    Peningkatan Citra PDMKJ FEB UB

Citra PDMKJ FEB UB dibangun melalui penyebarluasan keberadaan PDMKJ FEB UB dengan berbagai program kegiatan yang dilaksanakan seperti: seminar, pelatihan, open house, dan international conference. Selain itu citra tersebut dibangun melalu media leaflet dan website.

 

B.  Strategi Pengembangan Internasionalisasi PDMKJ FEB UB

Strategi untuk pengembangan ke arah internasionalisasi PDMKJ FEB UB, maka langkah-langkah yang ditempuh sebagai berikut:

 

1.   FEB UB menjadi anggota AACSB (berkedudukan di Amerika Serikat) sejak 2008 dan ABEST 21 (berkedudukan di Jepang) sejak pertengahan tahun 2013.

 

2.   Melakukan kerjasama dengan lembaga-lembaga internasional, terkait dengan tridarma perguruan tinggi yaitu berupa pendidikan, penelitian dan pengabdian melalui:

a.    Pengembangan networking berupa tukar-menukar tenaga pendidik dengan University of Southern Queensland – Australia beserta perguruan tinggi yang lain;

b.    Melakukan joint-research dengan universitas di luar negeri (National Central University, Taiwan).

c.    Sun Yat Sen University, Tiongkok dilakukan dalam bentuk kegiatan visiting professor.

d.    Lincoln University, Massey University dan University Malaysia Pahang dalam bentuk studi banding.

e.    University of Kentucky, USA dalam bentuk studi banding (benchmarking), dan guest lecture.

f.     Edith Cowan University terkait dengan penguatan sumberdaya manusia.

 

3.   Peningkatan kemampuan tenaga pendidik untuk berprestasi di tingkat internasional dengan menghasilkan karya-karya ilmiah melalui:

a.   Hibah kompetisi penelitian yang disediakan oleh FEB UB;

b.   Pembiayaan presentasi makalah di forum internasional bagi tenaga pendidik yang paper-nya yang diterima pada forum-forum internasional;

c.   Tenaga pendidik sebagai penguji eksternal di perguruan tinggi luar negeri (National Central University, Taiwan).