Sejarah

Program Pascasarjana Universitas Brawijaya Kampus Jakarta (Kampus IV) mendapatkan mandat berdasarkan surat Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, tertanggal 7 Agustus 2012, yang kemudian ditindaklanjuti dengan surat Rektor Universitas Brawijaya tertanggal 25 September 2012. Pada saat itu, pimpinan universitas mengajukan proposal dan dokumen pendukung untuk program studi di Luar Domisili Universitas Brawijaya, yang meliputi Program Studi Doktor Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Administrasi, Doktor Ilmu Hukum Fakultas Hukum, dan Doktor Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Mandat yang diberikan di atas sejalan dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Program Studi di Luar Domisili Perguruan Tinggi sehingga penyelenggaraan program studi di luar domisili tersebut memiliki legalitas yang dapat dipertanggungjawabkan. Mandat di atas diperkuat dengan adanya pemberian izin dari Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI Nomor 175/KPT/I/2015 tentang Pembukaan Program Studi Administrasi Program Doktor pada Universitas Brawijaya di Malang. Dua tahun kemudian, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia telah mengeluarkan izin Penyelenggaraan Program Studi di Luar Domisili untuk Program Doktor Ilmu Hukum dan Ilmu Ekonomi dan Bisnis (Manajemen), yakni Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RIĀ  Nomor 7/KPT/I/2017 pada tanggal 5 Januari 2017. Oleh karena itu, sejak Semester Genap Tahun Akademik 2016/2017 Program Doktor Manajemen Kampus Jakarta (PDMKJ) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB UB) membuka penerimaan mahasiswa baru.

Dalam penyelenggaraan bidang akademik, PDMKJ FEB UB merupakan salah satu program studi di Jurusan Manajemen FEB UB yang dipimpin oleh seorang Ketua Program Studi. KPS PDMKJ FEB UB bertanggung jawab kepada Ketua Jurusan Manajemen FEB UB. Saat ini PDMKJ FEB UB dipimpin oleh Prof. Dr. Margono Setiawan, S.E., S.U. yang menjabat mulai tahun 2014 dan akan berakhir pada tahun 2018.