Ainur Rofiq, SKom., SE., MM., Ph.D.

ainur-rofiqAinur Rofiq, SKom., SE., MM., Ph.D.
Deputy Head of Department (Management) and Lecturer
1st Fl Building D Faculty of Economics and Business University of Brawijaya
Jl. M.T. Haryono 165
Malang 65145, INDONESIA
T. +62 341 558224 (direct), 555000 (hunting)
F. +62 341 558224
Email: 
rofiq@ub.ac.id

https://ainurrofiq.lecture.ub.ac.id/

Qualifications

  • SKom  Informatics, Palapa Institute of Sciences and Technology
  • SE  Strategic Management, University of Brawijaya
  • MM Management Accounting, University of Brawijaya
  • Ph.D  E-commerce, University of Southern Queensland  Australia

Professional Memberships

  • Indonesian Economist Association (ISEI)
  • Association for Information Systems (AIS) USA
  • Indonesian Management Scientist Association(AIMI)
  • Indonesian Lecturer of Economics and Business Association(ADEBI)

Research Interests

  • E-commerce
  • E-marketing
  • E-learning
  • E-government
  • Fraud and digital forensic
  • Online social media
  • Knowledge management

Publications

– Proceedings

– Journal Articles

  • Rofiq, Ainur; Suryadi, Nanang; dan Rahadhan, Perdana (2007),Analisis Tingkat Penerimaan Teknologi Internet oleh Dosen dan Mahasiswa Fakultas Ekonomi di Kota Malang. Jurnal Aplikasi Manajemen FE Unibraw Vol. 5 No. 2.
  • Rofiq, Ainur; Rahadhan, Perdana; dan Suryadi, Nanang (2005),Penerimaan Teknologi Internet oleh Pengusaha Kecil dan Menengah, Studi di Sentra Industri Tas dan Koper Tanggulangin. Jurnal Lintasan Ekonomi FE Unibraw Vol. XXII No.1.

– Books/Modules

  • Rofiq, Ainur; Sudiro, Ahmad; Walujowati, Nur Prima, dan Rahadhan, Perdana (2007),Modul Praktikum Sistem Informasi Manajemen.Laboratorium Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. [View]
  • Rofiq, Ainur(2003),Aplikasi Komputer Untuk Bisnis dan Perkantoran.Laboratorium Komputer Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya.
  • Rofiq, Ainur(1999),Praktek Studi Kelayakan Bisnis.Laboratorium Komputer Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya.

Research Outcomes

  • Rofiq, Ainur(2012)Impact of Cyber Fraud and Trust of e-Commerce System on Purchasing Intentions:Analysing Planned Behaviour in Indonesian Business.Dissertation.
  • Rofiq, Ainurdan Suryadi, Nanang (2007),Efektivitas Iklan Pada Koran, Majalah dan Website Ditinjau Dari Aspek Recall, Recognition, dan Purchase Intention Sebagai Dasar Pemilihan Media Promosi Bagi Entrepreneur.Dibiayai oleh Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) dengan Kontrak No. 3719/J10.1.12/PG/2007, tanggal 21 September. [View PPT]
  • Idrus, M. Syafiaiie; Suryadi, Nanang;Rofiq, Ainur; dan Balqis (2007),Studi Penelusuran Alumni dan Pengguna Alumni Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya.Dibiayai oleh Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) 2007.
  • Rofiq, AinurA(2007),Pengaruh Dimensi Kepercayaan (Trust) Terhadap Partisipasi Pelanggan e-Commerce (Studi Pada Pelanggan e-Commerce di Indonesia). Thesis [View]
  • Sunaryo;Rofiq, Ainur; Suryadi, Nanang; Balqis; dan Thamrin, Husni (2006),Pengaruh Shared Value, Sociological, Personal, dan Satisfaction Terhadap Trust dan Relation Commitment Pada Nasabah Bank Syariah di Kota Malang.Dibiayai oleh Hibah Penelitian Program Hibah Kompetisi A3 Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya.
  • Herawati, Juni; Juwajuwita, Himmiyatul Amanah; Soetjiptadi, Djoko; Sunaryo; danRofiq, Ainur2006),Implementasi Problem Solving Based Learning Model Melalui Praktikum Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya.Dibiayai oleh Hibah Pengajaran Program Hibah Kompetisi A3 Jurusan Manajemen Universitas Brawijaya.
  • Rofiq, Ainur; Suryadi, Nanang; dan Rahadhan, Perdana (2006),Kajian Tentang Pendapatan Asli Daerah Di Kabupaten Blitar (Tinjauan dari Sektor Pajak dan Retribusi Pertambangan Pasir dan Batu).Kerjasama Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Blitar dengan Lembaga Penelitian Ekonomi dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPEM) Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya.
  • Rofiq, Ainur; Rahadhan, Perdana; dan Suryadi, Nanang (2005),Penerimaan Teknologi Internet oleh Dosen dan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya.Ai??Dibiayai oleh DPP dengan Kontrak No. 2690/J10.1.12/PG/2005, tanggal 30 Agustus.
  • Rofiq, Ainur; Suryadi, Nanang; dan Rahadhan, Perdana (2004),Analisis Penerimaan Teknologi Internet oleh Pengusaha Kecil dan Menengah dengan Menggunakan Technology Acceptance Model. Dibiayai oleh DPP dengan Kontrak No. 3351/J10.1.12/PG/2004, tanggal 16 Oktober.
  • Martawijaya, Suradi; Pinando, Sugeng; Saputra, Putu Mahardika Adi; danRofiq, AinurAi??(2003),Identifikasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Proses Belajar Mengajar di Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya.Ai??Dibiayai oleh DPP dengan Kontrak No. 3802/J10.1.12/PG/2003, tanggal 13 Agustus. [View PPT]
  • Sasongko; Basuki, Ananto; danRofiq, Ainur(2003),Kajian Komoditi Substitusi Impor Dalam Rangka Pengembangan Investasi.Kerjasama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Propinsi Jawa Timur dengan Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPM) Universitas Brawijaya.
  • Martawijaya, Suradi danRofiq, Ainur, (2001),Faktor-Faktor Dominan yang Mempengaruhi Uang Beredar Periode 1990-2000 dan Hubungannya dengan Inflasi.Dibiayai oleh DPP dengan Kontrak No. 2204/J10.1.12/PG/2001, tanggal 18 Juni.
  • Rofiq, Ainur, (2016)Penyusunan Analisa Jabatan,pembiayaan Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Pasuruan
  • Rofiq, Ainur, (2016)Segmentasi Pasar Sewa Peralatan Pembangkit Listrik Dengan Pendekatan Cluster Analysis (Studi Pada Pelanggan PT. Sumberdaya Sewatama Jakarta)
  • Rofiq, Ainur, (2016)Analisis Efektivitas Iklan Pt. Traveloka Indonesia Di Televisi (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya 1 Malang)
  • Rofiq, Ainur, (2016)Pengaruh Kredibilitas Celebrity Endorser Terhadap Purchase Intention (Studi Kasus Valentino Rossi Sebagai Celebrity Endorser Produk Yamaha Mio GT Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang
  • Rofiq, Ainur, (2016)How brand trust is influenced by perceived value and service quality: mediated by hotel customer satisfaction
  • Rofiq, Ainur, (2016)Pengaruh Lifestyle dan Reference Group Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Samsung Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya
  • Rofiq, Ainur, (2016)Pengaruh brand image terhadap minat pembelian Vit Levite: Studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya
  • Rofiq, Ainur, (2016)Penerapan green marketing melalui 4P terhadap minat beli konsumen: Studi pada perusahaan properti River Side Malang
  • Rofiq, Ainur, (2016)Persepsi Harga, Motif Belanja Hedonik dan Keputusan Pembelian Konsumen Coffee Shop (Studi Pada Konsumen Vosco Coffee di Kota Malang)
  • Rofiq, Ainur, (2016)Pengaruh Kepercayaan (Trust) dan E-Security Seals Terhadap Minat Pembelian Konsumen Secara Online: Studi Pada Konsumen Kaspay. com Di Indonesia.
  • Rofiq, Ainur, (2016)Faktor–Faktor yang Dipertimbangkan Konsumen Dalam Pembelian Perumahan (Studi Ekploratori pada Konsumen Ijen Nirwana Residence Malang)
  • Rofiq, Ainur, (2016)The Influences Of Leadership Styles, Organizational Communication, And Job Satisfaction Toward Employees’ Job Performance In Doing Construction Jobs: A Study On Three Construction Companies In Jakarta
  • Rofiq, Ainur, (2017)Identification to Gus Dur: study of pilgrimage of Indonesian foremost Ulama’s tomb in Jombang Regency, Indonesia.
  • Rofiq, Ainur, (2017)Encouraging Competitive Advantage of Creative Industry Using Cluster Analysis: An Evidence from Creative Industry in Malang District, Indonesia
  • Rofiq, Ainur, (2017)The Mediating Role of Social Capital in Islamic Work Ethic, Organizational Commitment, and Lecturer’s Performance
  • Rofiq, Ainur, (2017)How Brand Trust is Influenced by Perceived Value and Service Quality: Mediated by Hotel Customer Satisfaction
  • Rofiq, Ainur, (2017)Supply Chain Management Analysis using SEM Method in Keripik Tempe Industry
  • Rofiq, Ainur, (2017)Peran regulasi pemerintah dan kualitas website dalam menciptakan impulse buying di transaksi e-commerceConstructing framework for business incubator benchmarking: For startup-tech company
  • Rofiq, Ainur, (2018)Analysis Of Factors Affecting Supply Chain Performance In Sme Tempe Chips In Sanan Village Malang
  • Rofiq, Ainur, (2018)Penilaian Memorable Tourism Experience sebagai Faktor Penentu Daya Saing Destinasi Wisata dengan Menggunakan Pendekatan Rapid Appraisal (Rap)
  • Rofiq, Ainur, (2018)Does green packaging matter as a business strategy? Exploring young consumers’ consumption in an emerging market
  • Rofiq, Ainur, (2018)The interplay between local values, image, satisfaction and trust in cooperatives: Balinese case
  • Rofiq, Ainur, (2018)Purchase Behaviour Determinants on Online Mobile Game in Indonesia
  • Rofiq, Ainur, (2018)Designing Business Incubator Model for Start-up Digital
  • Rofiq, Ainur, (2019)The Role of Strategic Planning and Flexibility in Shaping SMEs Market Orientation in Turbulence Business Environment
  • Rofiq, Ainur, (2019)THE INFLUENCE OF PRODUCTS AND PROMOTIONS ON PURCHASING DECISIONS MEDIATED IN PURCHASE MOTIVATION