SEJARAH DEPARTEMEN MANAJEMEN

Sejarah Departemen Manajemen

31 Oktober 1961 - Awal Pembentukan Fakultas Ekonomi

Universitas Brawijaya diresmikan sebagai salah satu Universitas Negeri di Indonesia Pada tanggal 5 Januari 1963 dengan Surat Keputusan Mentri PTIP No. 1 Tahun 1963, dan Fakultas Ekonomi menjadi bagian dari Universitas Brawijaya sejak tanggal 31 Oktober 1961.

1970 sampai 1976 - Pembentukan Jurusan Ekonomi Umum dan Jurusan Ekonomi Perusahaan

Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya mulai melakukan langkah-langkah pengembangan dengan membentuk Jurusan Ekonomi Umum dan Jurusan Ekonomi Perusahaan pada periode kepemimpinan Drs. Harsono, pada tahun 1970 sampai tahun 1976. Jurusan Ekonomi Umum memiliki spesialisasi Teori Ekonomi, sedangkan Jurusan Ekonomi Perusahaan memiliki beberapa spesialisasi, yaitu Pemasaran, Produksi, Keuangan, dan Personalia. Jurusan Ekonomi Perusahaan inilah yang saat ini menjadi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya.

Tahun 2008 - Jurusan Manajemen Membuka Kelas Internasional

Pada saat ini Jurusan Manajemen memiliki beberapa bidang konsentrasi keilmuan, yaitu bidang Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasional, Manajemen Strategi, dan Manajemen Sumber Daya Manusia. Masing-masing konsentrasi dipimpin oleh seorang koordinator konsentrasi, yang harus melakukan koordinasi dengan Ketua dan Sekertaris Jurusan. Dalam upaya meningkatkan kualitas dari para mahasiswa dan lulusannya agar dapat memenuhi perkembangan dunia global, maka sejak tahun 2008 Jurusan Manajemen membuka kelas internasional yang berada di bawah koordinasi Ketua Jurusan Manajemen.